Tamparan JIN MUSLIM

Marhaban ya Ramadhan....

Alhamdulillah, tahun ini kita masih berjumpa lagi dengan bulan ramadhan.. Meski ada perbedaan penentuan awal puasa, tp tidak mengurangi esensi dari bulan ramadhan ini, bulan penuh berkah dan ampunan. 

Sahabat blogger, 
biar lebih afdol menyambut bulan Ramadhan, kali ini postingan prakosoandhika.blogspot.com akan sedikit lebih berbau agamis. *cieeee udah kaya pak ustadz*. hahaa. yah namanya aja usaha buat tobat. :D


Seperti biasa, setiap pagi hari sebelum berangkat kerja, pasti saya sempatkan untuk menyalakan komputer PC, entah itu sekedar memutar playlist atau online internet. Browsing situs situs berita dan tentu saja cek  update akun sosial media... :p 
Nah, tadi pagi saya nemu artikel menarik nih di kaskus..Yaitu artikel tentang acara 'Dua Dunia' yang tayang di trans 7.  Bagi kaum Nocturnal yang demen melek sampai pagi, pasti udah gak asing dengan acara ini kan? Yap, acara misteri religi tengah malam, yang sampai saat ini saya masih ragu, apakah saat adegan kesurupan itu asli atau hanya sekedar tipuan belaka?

Okesip, kali ini saya tidak akan membahas acaranya, tapi akan membahas salah satu cuplikan video episode "MAKAM MANGKU JATI" yang tayang di acara tersebut.. Eits, sabar dulu saya tidak akan mengupas acara tersebut dari sudut pandang misteri, tapi lebih dari sisi Islami. Nah loh, Penasaran??


Bagi saya yang sudah cukup sering menonton berbagai tayangannya, kali ini saya anggap Episode ini paling menarik. Kenapa saya berani sebut paling menarik? Karena baru pada episode ini, saya lihat sang presenter manangis. Menangis bukan karena takut sama aksi silat saat mediator kesurupan, tapi menangis meneteskan air mata  karena sadar. Sadar bahkan seperti tertampar karena ulah sang "Jin Muslim" yang merasuki salah satu mediator. Bukan tamparan secara fisik, tapi lebih kepada tamparan batin buat sang presenter.

Tamparan batin? ya, sebuah ucapan yang serasa menampar batin, karena dengan gamblang sang Jin menantang presenter untuk menyebutkan  2 kalimat syahadat. Gak salah tuh, cuman kalimat Syahadat?? aiih itu sih gampang, semua orang islam pasti bisa jg membacannya..!

Anda semua pasti bisa dengan mudah melafalkannya bukan? berikut bunyi kalimat syahadat dan artinya: 

أَ شْـــهَــدُ اَنْ لاَ إِ لـــــهَ إِ لاَّ الـلّــــــــــــهُ
“Aku Mengakui (dengan Haqqul Yaqin)
Bahwa tiada Tuhan Selain Allah”.

وَ أَ شْــهَــدُ أَنَّ مُحَـــمَّـــدً ا رَّ سُــوْ لُ الـلّـــــــــهُ
“Aku Mengakui (dengan Haqqul Yakin)
Bahwa Muhammad adalah utusan Allah”.

nah, setelah dengan mudah sang presenter memabacanya, lantas apa yang terjadi?? sungguh di luar dugaan, sang "Jin Muslim' justru melanjutkan tantangannya!

"apa bener itu kalimat itu diucapkan dari dalam hati yg tulus?? Apakah benar tingkah laku dan perbutan kita sudah sesuai dengan kalimat syahadat? dan apakah benar kita sudah benar benar menjadi seorang muslim sejati? Seorang muslim yang bersungguh sungguh melafalkan kalimat syahadat, mengakui Alloh dan Rosulnya dengan hati nurani yang paling dalam? Ataukah selama ini kita hanya mengaku ngaku saja sebagai seorang muslim, dan menjadi muslim karena terlahir muslim alias warisan Orang tua??!  

Seketika "JLEB"!!!  saya yang nonton video tersebut juga merasa tertampar! Diakui atau tidak, selama ini saya mengenal islam adalah dari warisan orang tua, entah apa jadinya kalau saya dilahirkan menjadi non muslim. Apakah saya juga akan mendapat hidayah islami?? nah, saya pun mulai terbawa suasana di video tersebut..

Tidak hanya sampai di situ, sang "Jin Muslim" juga menantang kita untuk memahami makna Surat Al-Fatihah.

Kembali lagi rasanya "JLEB" menusuk di hati. 

Bukan hanya si presenter, bahkan saya pun akan terbata- bata apabila suruh mengartikan Surat Al-Fatihah! apalagi memahami maknanya???? padahal surat Al-Fatihah adalah surat yang setiap hari kita baca! bukan hanya sekali dua kali, minimal kita baca Al-Fatihah 17 kali sehari!! Bahkan surat yg merupakan pondasi Al Quran, sesuatu yang saya yakini sebagai menjadi pedoman hidup, tapi ternyata saya sama sekali belum bisa memaknainya.. T.T  *Ya Alloh ampunilah hamba,, *
  

Untuk lebih jelasnya, silahkan di buffering dulu videonya:



Surat Alfatihah:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Segala puju bagi allah tuhan semesta alam.
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Maha pemurah lagi maha penyayang.
مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
Yang menguasai hari pembalasan.
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
Hanya kepada engkau kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami meminta pertolongan.
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
Tunjukilah kami jalan yang lurus.
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ
Yaitu jalan  orang - orang yang telah engkau anugerahkan nikmat kepada mereka , bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.



Sebagai manusia, kita adalah makhuk yang paling sempurna. Kita dibekali akal dan pikiran, sehingga kita tidak boleh menerima mentah mentah informasi yang diberikan. Apalagi informasi itu datang dari dunia ghaib, dunia yang kita tidak bisa menjangkaunya namun wajib kita percayai keberadaannya. Untuk itu kita harus jeli dalam memfilter setiap informasi yang kita dapatkan.

Yang jelas lewat cuplikan video episode ini, setidaknya saya tertampar dan sadar bahwa saya masih sangat dangkal sekali ilmu agama, dan wajib untuk terus berusaha belajar.

Wallahu a'lam bish-shawab



0 comments:

Post a Comment

 

About Me

My photo
Professional Medical Representative | Liverpudlian | road bikes rider | BISMANIA | blogger | Banjarnegara-Solo

Everyday is Holyday

Prakosoandhika on FB