Jam Tangan Anda Water Resist?

Berhubung akhir bulan ini saya ada rencana liburan dan bermain di pantai, iseng googling cari tentang info jam yang tahan air laut. Cukup galau juga sih, maklum jam yang sering saya pakai kegiatan outdoor merupakan jam sporty murah, selama ini sih fine2 aja buat dipakai basah-basahan di air tawar, tapi belum teruji untuk air laut..
My Digitec :p


  nah ini ada sedikit info yang mungkin cukup berguna:
Ketahanan air setiap jam tangan berbeda-beda. Ada yang Tertulis Water Resist, ada juga Water Resist 10 Bar, lalu ada juga yang ditulis Water Resist 100 m. Apakah semua jam tangan Water Resist pasti bisa digunakan pada saat melakukan olahraga air, misalnya berenang? Ternyata tidak juga.
Pada umumnya jam tangan yang tertulis Water Resist saja (tanpa ada embel-embel 10 Bar atau 100 m) kurang baik bila digunakan untuk berenang. Memang jam tangan tidak akan mati pada saat tercebur di air, namun bila digunakan dalam waktu yang cukup lama akan dapat menimbulkan embun di kaca jam.
Apakah jam tangan water resist 100 m pasti bisa digunakan untuk diving (menyelam dengan tabung)? Belum tentu, Water Resist 100 m bukan berarti jam dapat dicelupkan sampai kedalaman 100 m, namun yang dimaksud adalah 100 m tekanan air (bukan kedalaman aktual). Oleh karena itu beberapa produsen cenderung menggunakan satuan Bar (tekanan) untuk mengukur ketahanan air produknya.
Jam tangan Water Resist 10 Bar, ketahanan airnya kurang lebih sama (tapi tidak sama persis) dengan jam yang Water Resist 100 m atau 10 ATM. Water resist 5 Bar = 5 ATM = Water resist 50 m dan seterusnya.
Saran penggunaan jam tangan berdasarkan ketahanan airnya:
  • Water Resist: Tahan percikan air yang tidak bertekanan, misalnya saat hujan atau cuci tangan 
  • Water Resist 5 Bar / 5 ATM / 50 m:  Dapat digunakan untuk berenang di perairan dangkal, misalnya di kolam renang, tidak disarankan untuk digunakan pada kegiatan snorkeling di laut.
  • Water Resist 10 Bar / 10 ATM/ 100 m: Dapat digunakan untuk kegiatan snorkeling di laut, tidak disarankan digunakan pada saat melakukan kegiatan jet ski.
  • Water Resist 20 Bar / 20 ATM / 200 m: Dapat digunakan untuk kegiatan snorkeling dan jet ski, tidak disarankan untuk digunakan Scuba Diving (menyelam dengan tabung).
  • Untuk jam tangan yang dapat digunakan scuba diving biasanya ada tambahan tulisan Diver’s Watch, Diving Watch, atau Dive Watch.

Yang perlu menjadi catatan, berapapun ketahanan air jam tangan yang Anda miliki, disarankan untuk tidak mengoperasikan tombol atau pengaturan jam saat berada di dalam air. Karena ada kemungkinan gerakan tombol dapat membuat celah yang membuat air memasuki case jam tangan, khususnya arloji yang sudah cukup lama digunakan. Kecuali untuk jam tipe diver’s watch yang memang diperuntukkan untuk digunakan dalam air.



0 comments:

Post a Comment

 

About Me

My photo
Professional Medical Representative | Liverpudlian | road bikes rider | BISMANIA | blogger | Banjarnegara-Solo

Everyday is Holyday

Prakosoandhika on FB